Kamis, 21 Mei 2015

Mikroorganisme Pangan

Klasifikasi Mikroorganisme Pangan
Mikroorganisme yang penting dalam bidang pangan yakni kapang dan khamir yang tergolong dalam kerajaan Fungsi serta bakteri tergolong kelompok Monera. Virus dan prion akan sedikit dibahas.
Kapang
Kapang adalah mikroorganisme yang memiliki banyak sel (multiseluler), umumnya berbentuk seperti kapas pada bahan makanan (biasanya disebut jamuran) jingga mudah diamati dengan mata telanjang. Struktur yang menyerupai kapas ini disebut miselium yang tersusun oleh benang benang atau filamen yang disebut hifa. Jika diamati dibawah mikroskop  hifa ada yang memiliki dinding pembatas (septat) dan tanpa dinding pembatas (non septat).
https://biohasanah.files.wordpress.com/2015/01/tipe-hifa.png
            Hifa bisa terendam didalam substrat tempat tumbuhnya untuk mencari nutrien dan ada yang tumbug kearah udara yang disebut aerial. Aerial ini biasanya membawa spora yang merupakan alat reproduksi.

Khamir
Khamir adalah fungsi bersel satu berbentuk bulat atau oval yang tidak membentuk filamen. Khamir yang menguntungkan telah dimanfaatkan dalam pembuatan roti, tape, bir, cuka dan anggur. Tapi terkadang pertumbuhanya tidak diinginkan kana menyebabkan kerusakan pada sauerkraut (asinan kubis), jus buah, madu, sirup, daging dll.
Pada umumnya khamir digolongkan atas ciri ciri morfologisnya, ada tidaknya askopora, penampakan askopora, penampakan sel vegetatifnya, cara reproduksi aseksualnya, ada tidaknya miselium, pertumbuhan pada medium cair, warna pertumbuhan makroskopisnya, serta ciri ciri fisiologinya (kebutuhan nutrien dll).

Bakteri
Bakteri dapat ditemukan dimana mana karna mereka mampu hidup diberbagai lingkungan dan bisa menggunakan berbagai sumber karbon untuk menghasilkan energi. Selain itu bakteri juga mampu memperbanyak diri dengan cara membelah diri. Menurut taksonomi, bakteri adalh mahlik bersel tunggal yang dikategorikan kedalam kerajaan Monera, Filum Eubacteria dan kelas Schizomutaceae.
 Kelas diatas kemudian dibagi dalam beberapa ordo. Bakteri yang penting dalm bidang pangan umumnya termasuk kedalam ordo Eubacteriales dan Pseudomonadales. Selanjutnya penggolongn biasanya didasarkan pada bentuk, ukuran, susunan, pewarnaan gram, motil (dapat bergerak) tidaknya, ada tidaknya endospora, dan penampakanya sebagai koloni pada medium buatan atau bahan pangan.
Virus
Virus adalah mikroorganisme sangat kecil yang mengandung asam deosikribonukleat (ADN) atau asam ribonukleat (ARN) sebagai materi genetikanya tapai tidak mampu melakukan metabolismenya sendiri. Oleh karna itu virus disebut sebagai parasit obligat, karna tegantung diri makhluk hidup lain untuk reproduksinya. Semua virus yang bisa ditularkan melalui makanan sifatnya merugikan dan dapat menyebabkan penyakit. Virus ditlarkan dalam bentuk partikel yang inert.
Prion
Ini adalah protein yang ditemukan sebagai serabut dalam otak hewan yang mati oleh penyakit scrapie pada kambing. Prion (PrP) juga menyebabkan penyakit sapi gila sehingga bisa terdapat pada daging sapi. Sangat sifatnya yang sangat tahan panas dan tahan pada enzim pemecah protein, maka prion bisa bertahan pada daging olahan.

0 komentar:

Posting Komentar