Selasa, 20 Oktober 2015

WADOKAI tu apa sih???

Dah lama banget gak nyoret-nyoret dunia maya, sekarang gua balik lagi bawa kabar penting gak penting yang penting mah ambil hikmahnya aja yak... hehehe. Buat lu semua yang baru gabung di keluarga wadokai pastinya kepo abis dah sama apa aja yang berhubungan dengan WADOKAI, disini gua bakal bagi-bagi sedikit informasi tentang, WADOKAI tu apa sih????

Wadokai itu adalah salah satu aliran karate dari Jepang yakni Wado-ryu. Di indonesia WADOKAI biasa disebut Wadokai Karate-DO Indonesia, kepanjangan dari WADOKAI yakni Wahana Ajang Damai Olahraga Karatedo Indonesia, maksud dari kepanjangan itu agar WADOKAI bisa berjalan beriringan dengan pancasila dan undang-undang 45 serta mengaplikasikan cita-cita bangsa Indonesia yang tertera didalamnya.
Filosofi atau arti lambang WADOKAI.

1.    Kepalan tangan diibaratkan kebulatan tekad, harapnya seorang wado harus memiliki jiwa yang pantang menyerah terhada kesulitan apapun dalam mwujudkan keinginan atau keberhasilan yang ingin dicapainya.
2.    Merpati putih diibaratkan perdamaian, kesucian, dan kebersihan hati, harapanya seorang wado haruslah menjadi seorang yang cinta damai.
3.    Lingkaran bulat diibaratkan alam semesta yang tanpa batas, sedangkan kemampuan manusia sangatlah terbatas, harapanya seorang wado tidaklah memiliki jiwa yang sombong, seorang wado haruslah memiliki sifat yang rendah hati akan akan apapun yang dimilikinya.
4.    Warna biru pada dasar gambar dibaratkan keluasan langit  maksudnya seorang wado haruslah membuka hati seluas-luasnya seluas langit diatas sana, harapanya seorang wado harus memliki sifat yang terbuka untuk berkawan dengan siapapun serta kemauan belajar dan memaafkan yang tinggi.

5.    Warna kuning pada kepalan diibaratkan sebagai warna emas mulia, harapanya kepalan dari seorang wado hanya boleh digunakan untuk tujuan yang baik-baik saja (mulia).

0 komentar:

Posting Komentar